Langsung ke konten utama

PLASTIK KRESEK TAK AMAN?


Saat kita membeli makanan seperti gorengan kerap kali sang pedagang memberikan kantong plastik bewarna putih atau hitam sebagai wadah atau pembungkus makanan. Kita tahu bahwa kantong plastik atau biasa disebut kantong kresek menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya tidak menggunakan standar food grade.Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI, jenis plastik itu tidak aman. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya kisah kantong plastik kresek ini.

  1.           Plastik kresek hitam atau yang bewarna merupakan produk daur ulang. Setelah digunakan untuk membungkus berbagai macam barang ataupun benda yang mungkin berbahaya, kantong plastik ini didaur ulang. Plastik bekas dicuci, dipotong-potong kecil, dilelehkan, lalu ditambahkan sat pewarna dan bahan kimia tertentu dan dicetak kembali. Akhirnya jadilah kresek hitam dan warna-warni.
  2.           Kantong plastik warna hitam maupun warna-warni  yang merupakan hasil daur ulang biasanya bewarna tidak jernih dan terdapat bintik-bintik dan berbau menyengat. Plastik jenis ini sangat tidak cocok sebagai pembungkus makanan karena sangat mungkin zat-zat kimia akan berpindah tempat menempel pada makanan yang dibungkus itu. Selain itu kita juga tidak tahu asal dari terbuatnya kantong plastik ini, apkah bekas bungkus sampah, bekas kotoran, limbah, dll.
  3.          Sebagai pengganti kantong plastik sebagai wadah makanan, utamakan menggunakan kemasan yang terbuat  dari kaca atau gelas atau plastik berkualitas tinggi untuk makanan siap saji.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUNGA MATA BONEKA

Doll eyes merupakan bunga yang indah dan dapat ditemukan di hutan pedalaman di bagian timur Amerika. Mempunyai bentuk pohon yang unik daun sejenis daun berry, mempunyai bunga bergigi, dan buah lonjong putih seperti berry terdapat bintik hitam di tengah atas, sehingga berbentuk seperti mata boneka, yang matang pada akhir musim panas atau awal musim gugur. Tumbuhan ini tumbuh hingga mencapai 50 cm lebih dan sangat rimbun. Actaea pachypoda flowers Klasifikasi Kingdom             : Plantae Division               : Magnoliophyta Class                    : Magnoliopsida Order                   : Ranunculales Family                 : Ranunculaceae Genus                  : Actaea Species                 : A. pachypoda Dibalik kecantikan buahnya yang bewarna putih. Tersimpan racun mematikan bila di konsumsi oleh mahluk hidup. Akar maupun daunnya juga terbukti menyimpan racun,

PERCOBAAN FISIKA

AIR YANG TIDAK TUMPAH Percobaan ini mengacu kepada gaya kohesi pada air atau tarik-menarik antara molekul air. Menjadikan sebuah perilaku air yang unik. Sehingga menimbulkan yang namanya tegangan permukaan. Untuk melakukan percobaan ini kita membutuhkan : 1.       1. 2 buah gelas kaca yang ukurannya sama 2.       2. Bak yang berisi air 3.       3. Uang logam Pertama Masukan kedua gelas ke dalam air bak. Setelah terisi oleh air kemudian lekatkan kedua bibir gelas yang ada di dalam air sehingga air yang bersada di dalam gelas tidak keluar. Lalu keluarkan dari dalam air. Kedua Letakan gelas di atas permukaan yang datar/rata, sehingga salah satu dari gelas tersebut berada di atas gelas yang lain. Lalu selipkan uang logam di antara kedua bibir gelas secara cepat dan hati-hati. Saat menyelipkan uang, air akan sedikit tumpah. Ketiga Setelah uang logam tersebut terselipkan, lihat dan perhatikan baik-baik pada ro