Langsung ke konten utama

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

Berolah raga supaya sehat. Banyak-banyak berolah raga supaya sehat. Anjuran-anjuran manfaat olah raga bagi kesehatan seperti itu tentulah pasti sudah sering kita dengar. Olahragaadalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani (misalkan catur).


Olah raga merupakan gaya hidup sehat yang harus di biasakan sejak kecil agar di masa mendatang tubuh kita menjadi sehat dan tidak gampang terkena penyakit. Karena semakin tua tubuh kita secara otomatis daya tahannya akan semakin menurun. Dengan olah raga akan menghambat penurunan daya tahan tersebut.

Beberapa manfaat olah raga bagi kesehatan kita:

1. Meningkatkan kemampuan otak kita.
Olah raga bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam darah kita dan mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh kita terutama ke otak. Hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otak kita.
2. Menunda proses penuaan.
Proses penuaan merupakan hal yang alami dan pasti terjadi, akan tetapi dengan olah raga proses tersebut bisa di kurangi lajunya.
3. Mengurangi stress
Dalam kehidupan manusia sekarang ini stress adalah penyakit yang sering mendatangi kita karena tekanan hidup, tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi dan masalah-masalah kehidupan yang lain. Dengan olah raga kita bisa mengurangi kadar stress dalam kehidupan kita.
4. Meningkatkan daya tahan tubuh kita
Aktivitas olah raga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.
5. Menambah rasa percaya diri
Dengan olah raga yang teratur kita bisa mengontrol berat badan kita, sehingga kita bisa mencapai berat badan ideal dan kita memperoleh postur tubuh yang proporsional yang secara langsung bisa menambah rasa percaya diri kita.

Dengan sedemikian banyaknya manfaat olah raga bagi kesehatan tentunya kita harus melaksanakan gaya hidup sehat ini demi kesehatan kita sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PLASTIK KRESEK TAK AMAN?

Saat kita membeli makanan seperti gorengan kerap kali sang pedagang memberikan kantong plastik bewarna putih atau hitam sebagai wadah atau pembungkus makanan. Kita tahu bahwa kantong plastik atau biasa disebut kantong kresek menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya tidak menggunakan standar food grade. Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI, jenis plastik itu tidak aman. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya kisah kantong plastik kresek ini.           Plastik kresek hitam atau yang bewarna merupakan produk daur ulang. Setelah digunakan untuk membungkus berbagai macam barang ataupun benda yang mungkin berbahaya, kantong plastik ini didaur ulang. Plastik bekas dicuci, dipotong-potong kecil, dilelehkan, lalu ditambahkan sat pewarna dan bahan kimia tertentu dan dicetak kembali. Akhirnya jadilah kresek hitam dan warna-warni.           Kantong plastik warna hitam maupun warna-warni  yang merupakan hasil daur ulang biasanya bewarna tid

BUNGA MATA BONEKA

Doll eyes merupakan bunga yang indah dan dapat ditemukan di hutan pedalaman di bagian timur Amerika. Mempunyai bentuk pohon yang unik daun sejenis daun berry, mempunyai bunga bergigi, dan buah lonjong putih seperti berry terdapat bintik hitam di tengah atas, sehingga berbentuk seperti mata boneka, yang matang pada akhir musim panas atau awal musim gugur. Tumbuhan ini tumbuh hingga mencapai 50 cm lebih dan sangat rimbun. Actaea pachypoda flowers Klasifikasi Kingdom             : Plantae Division               : Magnoliophyta Class                    : Magnoliopsida Order                   : Ranunculales Family                 : Ranunculaceae Genus                  : Actaea Species                 : A. pachypoda Dibalik kecantikan buahnya yang bewarna putih. Tersimpan racun mematikan bila di konsumsi oleh mahluk hidup. Akar maupun daunnya juga terbukti menyimpan racun,

Mengapa Langit dan Laut Berwarna Biru

Pernahkah kalian pernnah berpikir mengapa langit dan laut itu warna biru? Padahal kalau kita dekati, langit dan laut itu tidak berwarna. Warna biru yang kita lihat di langit itu merupakan hasil dispersi cahaya matahari. Matahari memancarkan cahaya putih ke bumi. Bumi dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari berbagai macam gas seperti nitrogen, oksigen, argon, dan juga uap air yang akan menyerap cahaya putih tadi. Mengapa langit berwarna biru? Kalau kamu ingat, di pelajaran fisika pernah disinggung mengenai cahaya putih yang jika dilewatkan bidang prisma, maka akan terdispersi menjadi spektrum cahaya. Nah, begitu juga dengan cahaya matahari, cahaya ini setelah masuk melewati atmosfer bumi, akan terdispersi menjadi berbagai macam panjang gelombang. Masing-masing panjang gelombang ini akan muncul sebagai berbagai macam warna seperti warna pelangi. Setiap warna dipancarkan pada ketebalan prisma yang berbeda. Panjang gelombang yang tinggi jika ditangkap oleh mata akan terlihat sebagai wa