Langsung ke konten utama

SEJARAH KERAJAAN DEMAK

MUNCULNYA KERAJAAN DEMAK
       
         Sekitar akhir abad ke-15 kerajaan Majapahit mulai mengalami masa-masa keruntuhannya, beberapa daerah melepaskan diri dari Majapahit, termasuk yang dilakukan salah satu adipatinya yang bernama Raden Patah. Dia adalah adipati Demak keturunan Raja Brawijaya V kemudian dengan dibantu beberapa daerah-daerah lainnya di Jawa Timur yang sudah Islam, seperti Jepara, Tuban, dan Gresik mendirikan kerajaan  Demak.
         Raden Patah bahkan sampai berhasil merobohkan majapahit dan kemudian memindahkan semua alat upacara kerajaan dan pusaka Majapahit ke Demak, sebagai lambang dari tetap berlangsungnya kerajaan kesatuan Majapahit itu tetapi dalam bentuk baru di Demak. Setelah Majapahit hancur maka Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di pulau Jawa dengan rajanya yaitu Raden Patah.

ASAL MULA NAMA DEMAK
         Demak sebelumnya merupakan daerah yang dikenal dengan nama Bintoro atau Gelagahwangi yang merupakan daerah kadipaten di bawah kekuasaan Majapahit. pada suatu peristiwa Raden Patah diperintahkan oleh gurunya, Sunan Ampel dari Surabaya, agar merantau ke barat dan bermukim di sebuah tempat yang terlindung oleh tanaman gelagah wangi. Tanaman gelagah yang rimbun tentu hanya subur di daerah rawa-rawa. Dalam perantauannya itu, Raden Patah sampailah ke daerah rawa di tepi selatan Pulau Muryo (Muria), yaitu suatu kawasan rawa-rawa besar yang menutup laut atau lebih tepat sebuah selat yang memisahkan Pulau Muryo dengan daratan Jawa Tengah. Di situlah ditemukan gelagah wangi dan rawa; kemudian tempat tersebut dinamai Raden Patah sebagaiDemak”.
LETAK GEOGRAFIS KERAJAAN DEMAK
                 Kerajaan Demak secara geografis terletak di Jawa Tengah dengan pusat pemerintahannya di daerah Bintoro di muara sungai, yang dikelilingi oleh daerah rawa yang luas di perairan Laut Muria. (sekarang Laut Muria sudah merupakan dataran rendah yang dialiri sungai Lu

                 Berdirinya kerajaan Demak merupakan klimaks dari perjuangan Wali Songo dalam menyebarkan Islam, di dalam Babad Demak diceritakan bahwa sebelum kerajaan Demak berdiri di daerah Glagahwangi, tepatnya pada tahun 1479 Masehi telah didirikan Masjid Agung Demak, yang proses pembangunannya melibatkan Walisongo, Masjid ini kemudian berperan sebagai jantung penyebaran islam dan penanaman akidah Islam bagi masyarakat Demak, sekaligus sebagai fondasi awal bagi berdirinya kerajaan Demak.
RAJA-RAJA YANG MENGUASAI DEMAK
                  Raden Patah adalah putra Raja Majapahit, Brawijaya. Ibunya seorang putri Cina yang tanpa sepengetahuan raja telah memeluk agama Islam. Oleh karena itu, putri Cina yang sebenarnya sedang mengandung dihadiahkan kepada Raja Palembang. Di Palembang putri itu melahirkan seorang anak yang diberi nama Dimas. Setelah dewasa ia datang ke Majapahit. Atas perantara Sunan Kudus, Dimas diangkat sebagai Adipati Demak dengan nama Raden Patah. Berawal dari itulah Demak dirintis menjadi kerajaan Islam pada tahun 1500. 
     Setelah Raden Patah wafat tahta kerajaan Demak dipegang oleh Sultan Trenggana adik dari Raden Patah, Sultan Trenggana menjadi penguasa dua kali atas Demak, yaitu pertama tahun 1505-1518 dan kedua tahun 1521-1546.

       Kurun waktu antara dua masa itu dipegang oleh Adi pati Unus dari Jepara, ia memerintah Demak dari tahun 1518-1521 M. masa pemerintahan Adi Pati Unus terbilang tidak lama karena dia meninggal muda. Sultan Trenggana berhasil menaklukkan wilayah kerajaan Majapahit hingga ke-Jawa Barat dan Banten.
Info dari : Yudhistira, Erlangga, Google, ESIS. 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PLASTIK KRESEK TAK AMAN?

Saat kita membeli makanan seperti gorengan kerap kali sang pedagang memberikan kantong plastik bewarna putih atau hitam sebagai wadah atau pembungkus makanan. Kita tahu bahwa kantong plastik atau biasa disebut kantong kresek menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya tidak menggunakan standar food grade. Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI, jenis plastik itu tidak aman. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya kisah kantong plastik kresek ini.           Plastik kresek hitam atau yang bewarna merupakan produk daur ulang. Setelah digunakan untuk membungkus berbagai macam barang ataupun benda yang mungkin berbahaya, kantong plastik ini didaur ulang. Plastik bekas dicuci, dipotong-potong kecil, dilelehkan, lalu ditambahkan sat pewarna dan bahan kimia tertentu dan dicetak kembali. Akhirnya jadilah kresek hitam dan warna-warni.           Kantong plastik warna hitam maupun warna-warni  yang merupakan hasil daur ulang biasanya bewarna tid

BUNGA MATA BONEKA

Doll eyes merupakan bunga yang indah dan dapat ditemukan di hutan pedalaman di bagian timur Amerika. Mempunyai bentuk pohon yang unik daun sejenis daun berry, mempunyai bunga bergigi, dan buah lonjong putih seperti berry terdapat bintik hitam di tengah atas, sehingga berbentuk seperti mata boneka, yang matang pada akhir musim panas atau awal musim gugur. Tumbuhan ini tumbuh hingga mencapai 50 cm lebih dan sangat rimbun. Actaea pachypoda flowers Klasifikasi Kingdom             : Plantae Division               : Magnoliophyta Class                    : Magnoliopsida Order                   : Ranunculales Family                 : Ranunculaceae Genus                  : Actaea Species                 : A. pachypoda Dibalik kecantikan buahnya yang bewarna putih. Tersimpan racun mematikan bila di konsumsi oleh mahluk hidup. Akar maupun daunnya juga terbukti menyimpan racun,

PERCOBAAN FISIKA

AIR YANG TIDAK TUMPAH Percobaan ini mengacu kepada gaya kohesi pada air atau tarik-menarik antara molekul air. Menjadikan sebuah perilaku air yang unik. Sehingga menimbulkan yang namanya tegangan permukaan. Untuk melakukan percobaan ini kita membutuhkan : 1.       1. 2 buah gelas kaca yang ukurannya sama 2.       2. Bak yang berisi air 3.       3. Uang logam Pertama Masukan kedua gelas ke dalam air bak. Setelah terisi oleh air kemudian lekatkan kedua bibir gelas yang ada di dalam air sehingga air yang bersada di dalam gelas tidak keluar. Lalu keluarkan dari dalam air. Kedua Letakan gelas di atas permukaan yang datar/rata, sehingga salah satu dari gelas tersebut berada di atas gelas yang lain. Lalu selipkan uang logam di antara kedua bibir gelas secara cepat dan hati-hati. Saat menyelipkan uang, air akan sedikit tumpah. Ketiga Setelah uang logam tersebut terselipkan, lihat dan perhatikan baik-baik pada ro